Friday, November 01, 2013

27 Oktober

Sudah lama saya terdaftar di forum Jalan2.com tapi saya hanya member pasif saja, karena lupa password dan sebagainya baru bulan kemaren saya login lagi ke forum jalan2.com. Ternyata teman-teman mengadakan gathering ke 3 yang acaranya ada di Bali.Sebelum acara gathering nasional, kami dari regional Bali mengadakan kopdar melali ke darah Gianyar tanggal 27 Oktober, awalnya yang ikut 4 orang yaitu saya, Dewi, Ko Sanjaya, Mas Bayu, karena sesuatu hal Mas Bayu tidak bisa ikut.
Singkat cerita kami bertiga bertemu dan memutuskan melali ke Pura Gunung Kawi dan Puri Ubud. Tapi saat kami melewati The Sukarno Center, kami memutuskan untuk mampir sejenak sekalian beristirahat.

The Sukarno Center












Bangunan ini terletak di Jl. Dr. Ir. Sukarno - Tampaksiring - Gianyar, kalau dari arah denpasar terletak disebalah kiri jalan. Untuk masuk ke Musium ini hanya membayar Rp 20.000 perorang dibuka dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Saat berkeliling di The Sukarno Center anda akan dipandu oleh petugas, mereka akan menerangkan apa saja yang ada di bangunan tersebut. Saat memasuki area The Sukarno Center anda akan melihat empat bangunan, yaitu depan sebelah kanan shop dan bagian registrasi, tengah yaitu bangunan itama dan sebelah kiri bangunan kantor. 
Di bagian shop adan dapat membeli pernak-pernik tentang Sukarno dari buku, pos card, sticker dan sebagainya. Di bangunan kantor sebelah kiri hanya diperuntukan untuk staff/karyawan. Sedang di bagunan utama di tengah, di depan bangunan akan ada dua kereta kencana, memasuki bangunan utama ada hall yang berfungsi sebagai ruang pertemuan, disekitar hall akan ada pajangan koleksi senjata dan dereta foto di dinding. di bagian kiri ada suatu ruangan kusus yaitu ruang kerja Bung Karno. Di lantai dua anda akan melihat ruangan kusus untuk Kanjeng Ratu Pantai Selatan dan ruangan pertemuan tertutup.

Pura Gunung Kawi












Pura ini terletak di Banjar Penaka, Kecamatan Tamapaksiring, sebelum memasuki are apura silahkan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000. Dari loket anda akan menyusuri jalan menurun/berundak dengan pemandangan sawah, dibeberapa tempat akan ada artshop yang menjual kerajinan khas daerah tersebut. Di dalam area pura akan terlihat dua area candi yang dipahat di dinding tebing dan ada beberapa ceruk yang dulu berfungsi sebagai tempat semedi/meditasi.


Source :
poto : koleksi pribadi

No comments:

Post a Comment