Friday, November 01, 2013

Pacaran dimasa sekolah

Beberapa tahun yang lalu ada tiga anak perempuan datang kepada saya, usia mereka sekitar 12-13 tahun. Salah satu dari mereka bertanya "Kak, boleh ga pacaran?" 
Saya jawab "terserah kalian" salah satu dari mereka bertanya lagi "Koq gitu kak, boleh ga?"
Jawab saya, "Pilihan ada ditangan kalian, kalau kakak bilang ga boleh, apakah kalian akan melanggar?"

Selasa kemarin waktu komsel, pertanyaan hampir sama juga tercetus dari sorang anak sma, "Boleh ga pacaran backstreet, soalnya sudah diwarning orang tua tidak boleh pacaran?"

Okay akan saya jabarkan
1. Pacaran hanya akan merusak fokus belajar, mengapa?
Usia belasan adalah masa-masa labil dan masa-masa pencarian jati diri. Di masa ini emosi remaja akan mudah goyah, seperti yoyo kadang naik kadang turun dengan cepatnya. Kalau ada yang bilang pacaran untuk penyemangat itu bullshit. Pacaran itu seperti mood boster, kalau si pacar menyenangkan hari-hari akan ceria, kalau pacar mengecewakan hari-hari akan suram dan itu berpengaruh pada peringkat perstasi di sekolah.
2. Pacaran tidak hanya sekedar pegangan
That is true, jaman sekarang jarang ada ceritanya pacaran hanya sekedar pegangan tangan, malah cenderung ke arah grepe-grepe dan berujung ke sex. Menurut survey 70% remaja sudah melakukan sex pranikah, yang menjadi pertanyaan apakah mereka sudah tahu dampak dari sex pranikah tersebut? Penyakit menular dan kehamilan diusia dini? 
Penyakit menular, Kalau kena penyakit menular seksual yang biasa mungkin bisa diobati, lah kalau kena HIV bagaimana masa depannya? suram-kan?
Hamil, kehamilan diusia dini bisa mempengaruhi si pisikolog yang hamil juga masa depan-nya juga, apakah sudah siap untuk punya dan mengurus anak? apakah sudah siap masa muda-nya hilang? apakah sudah siap dikucilkan?

Yaps, segala sesuatu ada resikonya, saya tidak bermaksut menghakimi,dan saya tidak mengurusi masalah moral, itu terserah pilihan hidup, yang jelas lakukan semuanya dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan tanpa ada penyesalan. 

Bagi saya, pacaran saat masa sekolah itu tidak terlalu penting, lebih baik fokus belajar, memperbanyak mencari teman, memperbanyak pengalaman, dan mengembangkan diri. Lebih baik pacaran saat usia sudah dewasa dan bisa bertanggung jawab atas jalan hidupnya sendiri.

No comments:

Post a Comment